Sunday, 17 April 2016

Cara Membersihkan Kamera yang Benar

camera-275007_1280


Bagaimana cara membersihkan kamera dengan benar? Debu, jamur, percikan air dan masih banyak lainnya bisa saja mengotori kamera yang dimiliki. Kamu tentu saja bisa membayar tukang service kamera untuk membersihkannya. Namun tentu saja tak dapat dilakukan setiap saat untuk membersihkannya. Kamu tentu saja harus bisa membersihkan kamera tersebut sendiri. Dengan dapat membersihkannya sendiri tentu saja akan menjadi lebih cepat dan aman. Akan tetapi membersihkan kamera tentu saja ada tips khusus yang harus diketahui. Tujuannya tentu saja agar tidak merusak komponen penting yang ada didalam kamera tersebut. Berikut ini ada beberapa tips membersihkan kamera yang benar dan harus diperhatikan:





  • Blower


Pada saat kamu ingin membersihkan kamera dapat menggunakan alat pertama dengan nama blower. Apabila kamu memiliki kamera maka alat ini harus dimiliki. Blower adalah suatu alat yang memiliki bentuk bulat lonjong dan biasanya memiliki bahan yang terbuat dari karet. Cara penggunaannya pun sangat mudah hanya dengan menekan bagian tombolnya. Dan arahkan bagian pembersih untuk menyapu komponen kamera yang kotor. Kinerja alat ini sangat mudah dan dilakukan dengan cara manual. Dipasaran alat ini tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi.





  • Lenspen


Lenspen adalah suatu alat yang digunakan untuk membersihkan lensa pada kamera. Apabila ada debu dan juga bekas jari tangan akan sangat efektif membersihkan menggunakan alat ini. Baik noda yang terjadi saat masih basah atau pun sudah kering. Alat ini memang telah dirancang untuk membersihkan kamera dengan aman dan juga benar.





  • Swab


Apabila kamu ingin mengetahui mengenai tips membersihkan kamera pada bagian sensor pada kamera dapat menggunakan alat bernama swab. Alat ini sangat cocok digunakan untuk jenis kamera CCD dan CMOS. Dalam pembuatannya alat ini didesain untuk membuat sensor yang dimiliki dari kamera DSLR serta bagian komponen kamera yang sulit untuk dijangkau. Apabila kamu perhatikan pada bagian ujungnya sangat lembut namun memiliki gagang yang kuat.





  • Lens tissue


Lens tissue memang merupakan alat yang berbentuk tissue. Namun perbedaan dengan tissue jenis biasa adalah permukaan yang sangat halus. Sehingga sangat cocok untuk membersihkan noda dan juga sidik jari yang menempel pada lensa kamera. Bahkan apabila kamu menyimpan kamera ada kotoran akan sangat cocok menggunakan lens tissue ini. Kamu dapat membawa lens tissue untuk membersihkan saat berada di alam terbuka.





  • Cairan pembersih optik


Pada saat lensa terkena jamur maka jangan bersihkan dengan air atau pun benda pembersih lainnya. Disarankan untuk menggunakan tips membersihkan kamera dengan menggunakan cairan pembersih optik. Biasanya cairan ini bisa dibeli di toko kacamata atau bahkan biasanya didapatkan secara gratis saat membeli kaca mata tersebut. Namun disarankan untuk berhati-hati dalam memilih cairan pembersih optik tersebut saat menggunakannya. Hal ini karena berhubungan dengan pembongkaran komponen kamera tersebut.


0 comments:

Post a Comment