Wednesday, 4 May 2016

Manfaat Santan Kelapa Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Santan kelapa biasanya digunakan untuk berbagai bahan makanan dan aneka resep masakan. Ternyata tidak hanya sebagai bahan makanan,santan kelapa memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Simak manfaatnya berikut ini:
manfaat santan


Manfaat santan untuk kecantikan:




  • Sebagai Conditioner


Santan merupakan salah satu bahan alami yang dapat dijadikan conditioner rambut dan melembutkan rambut, dan dapat juga memperkuat batang rambut sehingga terhindar dari kerontokan. Aplikasikan santan kelapa yang sudah dicampur dengan olive oil pada kulit kepala dan rambut. Kemudian pijat secara lembut. Diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih. Kemudian keramaslah dengan menggunakan shampo seperti biasa.




  • Sebagai Scrub


Scrub dari santan kelapa bermanfaat untuk memperkecil pori-pori kulit dan juga membantu pengelupasan kulit mati di wajah maupun tubuh. Caranya, campurkan santan kelapa dengan 4 sendok makan garam dan 2 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kulit sambil digosok secara perlahan seperti menggunakan scrub pada umumnya, lalu diamkan selama 20-30 menit hingga mengering, kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin agar manfaatnya semakin terlihat.




  • Sebagai Cream


Santan kelapa bisa juga kamu jadikan krim untuk melembapkan kulit yang kering. Caranya, campurkan santan kelapa dengan bubuk cendana, lalu oleskan pada wajah atau area tubuh yang kering. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.Jika dilakukan secara rutin, hasilnya akan lebih maksimal.




  • Penghilang bekas make up


Penggunaan make up yang tebal selain sulit untuk dihilangkan, bila tidak dibersihkan secara benar maka akan menyumbat pori-pori kulit kamu dan menimbulkan gangguan kulit. Seperti Jerawat, komedo dan munculnya tanda penuaan pada kulit. Cara terbaik untuk membersihkan wajah dari sisa makeup dan bahan kimia yang mungkin terkandung dalam makeup adalah dengan menggunakan pembersih make up. Pembersih make up alami yang layak kamu coba salah satunya adalah santan kelapa. Caranya, campurkan santan dengan sedikit baby oil atau minyak kelapa, lalu tuangkan ke kapas dan usapkan secara perlahan untuk mengangkat sisa make up dari wajah.


Manfaat santan untuk kesehatan:




  • Mencegah penuaan
    Serat, lemak dan nutrisi serta antioksidan dalam santan kelapa bisa membantu mencegah terjadinya penuaan. jadi bagi kamu yang mengkomsumsi santan kelapa dengan teratur, kemungkinan besar kamu akan awet muda.



  • Mencegah Anemia
    Zat besi yang terkandung dalam santan kelapa mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. Anemia terjadi karena tubuh tidak memproduksi hemoglobin dengan jumlah yang cukup untuk aktivitas sehari-hari. Akibatnya kamu jadi lemas, cepat lelah dan tidak produktif. Konsumsi santan kelapa secara teratur agar kamu terhindar dari anemia.



  • Menguatkan tulang
    Tulang yang kuat tidak hanya membutuhkan zat kalsium saja, tetapi juga fosfor yang banyak terdapat pada santan kelapa. Konsumsi santan kelapa juga membantu menyehatkan dan menguatkan tulang kamu.



  • Memperkuat imunitas
    Santan kelapa juga mengandung vitamin C yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan kelapa, maka kamu akan jarang terkena flu dan infeksi lainnya.



  • Kaya antioksidan
    Santan kelapa ternyata juga kaya antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas dan melindungi dari kerusakan sel. Jadi mengkonsumsi makanan yang mengandung santan kelapa akan memberi banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatanmu.


1 comment: