Monday, 9 May 2016

Perlengkapan Kantor dan Fungsinya yang Wajib Diketahui

perlengkapan kantor


Kantor tanpa perlengkapan sama dengan masakan tanpa bumbu, begitu pula dengan kelengkapan operasional yang mempengaruhi kelancaran kerja. Memenuhi kebutuhan ini, terdapat beberapa hal yang wajib diketahui, salah satu bagian terpenting itu ialah mengetahui komponen yang diperlukan beserta kinerjanya. Satu komponen dan lainnya memiliki peran yang tak sama, akan lebih pas lagi bilamana perlengkapan kantor  dan fungsinya telah diketahui terlebih dahulu. Sehingga tak salah pilih lagi dan memang harus dipastikan terlebih dahulu.



Perlengkapan Kantor itu sendiri dapat terbagi menjadi dua macam yakni peralatan kerja untuk pihak personal dan bersamaan. Pastinya deretan komponen bersangkutan bervariasi. Seperti pada peralatan yang bersifat umum beserta operasionalnya berikut ini:





  • Mesin print berfungsi untuk mencetak setiap soft file yang ada entah itu berupa tulisan, gambar maupun lainnya.

  • Mesin fotokopi mini maupun yang besar bekerja sebagai alat pengkopi suatu komponen yang biasanya berupa lembar kertas.

  • Mesin jilid sebagai peralatan untuk menjilid suatu map maupun dokumen agar tertera lebih rapi dan tersusun bagus.

  • Mobil maupun motor sebagai transportasi kerja yang digunakan untuk keperluan Kantor. Kendaraan ini ada yang diperuntukkan secara bersama, ada pula yang diperuntukkan oleh personal saja yang menghandlenya.

  • Lemari map sebagai pusat penyimpanan data maupun map yang berbentuk hard file.



Di samping keperluan umum tersebut, terdapat beberapa bagian dari perlengkapan kerja bagi pihak personal. Komponen-komponen yang satu ini juga bersifat relatif, tetapi pada biasanya antara lain ialah:





  • Komputer maupun laptop sebagai media untuk operasional kerja seperti mengetik, menyimpan data, input data dan lain-lainnya.

  • Meja sebagai alas bekerja dan tempat dimana operasional kerja dimulai. Begitu pula dengan kursi yang berperan sebagai alas duduk untuk menjadikan nyaman dalam bekerja.

  • Alat-alat tulis sebagai peralatan untuk menulis dari pensil maupun bolpoint, buku sebagai media atas alas untuk menulis, kertas sebagai media mencetak pada soft file yang di print dan lain-lainnya.

  • Telephone sebagai alat komunikasi yang menghubungkan jarak pembicaraan dalam jarak jauh. Ponsel berkabel ini juga ada yang diaplikasikan secara bersamaan.



Barisan perlengkapan Kantor dan fungsinya sedari individual maupun kelompok tersebut dapat disesuaikan berdasarkan keperluan. Adapun nantinya dalam memenuhi peralatan Kantor secara personal maupun kelompok dapat dilaksanakan secara sebagian maupun bersamaan. Semua dapat disesuaikan dengan anggaran, jika budget begitu pas-pas bisa dengan perlengkapan personal terlebih dahulu. Namun bila ada pembiayaan yang besar, pemenuhan semuanya secara serempak pun bukanlah hal buruk, bahkan menjadi salah satu persiapan yang oke.



Memenuhi perlengkapan Kantor memang harus ada budget yang seimbang pula karena kebutuhan tersebut memakan pembiayaan yang tak sedikit. Adapun dalam membeli nanti, terdapat beberapa hal yang diperhatikan, antaranya yaitu:





  • Menentukan perlengkapan apa saja yang akan dibeli.

  • Mengetahui jumlah yang seharusnya jadi tak kurang maupun berlebihan.

  • Memilih toko yang lengkap dan terjangkau sebagai tempat membeli.

  • memastikan penawaran harga yang diberikan, bila perlu tanyakan atas negosiasi untuk memperoleh banderol yang lebih hemat.



Dalam membeli pun memang tak bisa asal ataupun berdasarkan harga yang murah saja, karena penawaran ringan tak selalu sesuai dengan kebutuhan. Pilih memilih ini nantinya justru dapat mengkondisikan adanya pemilihan perlengkapan Kantor dan fungsinya yang tepat. Sehingga tak salah pilih maupun salah sasaran dalam memenuhi kebutuhan operasional kerja Kantor yang dimaksudkan. Satu dan lainnya pun tercukupi dengan baik, berkualitas dan awet.


0 comments:

Post a Comment