Sunday, 28 August 2016

Tips Memilih Makanan Diet dengan Cermat

Salah satu kunci paling utama dalam melaksanakan atau merencanakan diet adalah dengan mengatur makanan diet dengan tepat dan baik. Namun, makanan yang baik untuk di konsumsi ketika diet sering jadi permasalahan dan pertanyaan umum. Pelajari dan cermati jenis—jenis makanan yang dapat membantu program diet agar tercapai hasil penurunan berat badan yang sukses.


Memilih Makanan Diet


Berbagai jenis makanan memiliki kandungan kalori yang berbeda, selain itu juga memiliki pengaruh terhadap metabolisme tubuh yang berbeda pula. Dengan memilih makanan diet dengan cermat, program diet akan lebih mudah dilakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan mencermati efek makanan tersebut terhadap hormon, tingkat kelaparan, dan juga banyaknya kalori yang akan terbakar oleh tubuh. Berikut ini merupakan jenis—jenis makanan yang bersahabat dan bisa membantu dalam proses penurunan berat badan.


Alpukat


alpukat


Berbeda dengan kebanyakan buah—buahan yang tinggi akan karbohidrat, alpukat memiliki banyak kandungan lemak yang baik dan sehat. Jenis lemak baik yang terkandung dalam alpukat adalah monounsaturated oleic acid yang juga terkandung dalam minyak zaitun. Walaupun memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, alpukat memiliki kandungan air yang cukup banyak. Sebagai catatan, alpukat memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam tubuh, termasuk potasium dan serat.


Cabai


cabai


Memasukkan konsumsi cabai dalam diet dapat membantu proses penurunan berat badan lebih optimal. Hal ini dikarenakan cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat membantu mengurangi nafsu makan dan juga meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.


Kacang—Kacangan


kacang kacangan


Beberapa jenis kacang—kacangan dapat membantu proses penurunan berat badan dengan baik. Hal ini dikarenakan kacang—kacangan memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Sebagai catatan, makanan dengan protein dan serat yang tinggi dapat mendorong pembakaran lemak serta memberikan rasa kenyang lebih lama karena membutuhkan proses pencernaan yang relatif lebih lama.


Salmon


salmon


Salmon dikenal sebagai jenis makanan yang sehat, tinggi akan kalori dan lemak baik, dan memiliki kandungan nutrisi—nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Disamping rasanya yang lezat, salmon memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dan dapat memberikan rasa kenyang selama berjam—jam. Lemak omega 3 yang terkandung dalam salmon memiliki peranan penting dalam mengurangi obesitas dan masalah pada metabolisme tubuh.




 Artikel lainnya : Tips diet sehat yang aman dan alami



Telur


telur


Walaupun telur memiliki resiko akan kolestrol tinggi, namun telur merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan telur memiliki kandungan lemak yang baik serta protein yang tinggi. Sebagai tambahan, telur merupakan makanan yang rendah kalori tetapi dapat memberikan rasa kenyang dalam kurun waktu yang cukup lama.


Tuna


tuna


Konsumsi ikan tuna sudah banyak dikenal oleh kalangan olahragawan karena tuna merupakan salah satu makanan yang sangat tinggi dalam protein. Selain kandungan protein tinggi yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, tuna memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Namun, perlu dicatat dalam memilih pengkonsumsian ikan tuna, sebaiknya pilih ikan tuna kaleng dalam air, bukan dalam minyak.


Demikian tips-tips dalam pemilihan makanan diet yang cermat dan dapat membantu dalam proses penurunan berat badan secara lebih optimal. Hal yang paling penting untuk diingat dalam memilih makanan dalam program diet adalah memastikan bahwa makanan—makanan tersebut mencukupi nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.


2 comments: