Tuesday, 6 September 2016

Jenis Kerajinan Tangan yang Berpotensi

Ada banyak bisnis sampingan yang sekarang ini bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan sekarang ini digemari oleh konsumen karena bisa dijadikan sebagai hiasan rumah atau memberikan fungsi lainnya. Memulai usaha kerajinan tangan juga tidak membutuhkan modal yang besar. Namun sebelum memulainya, sebaiknya Anda harus tahu jenis kerajinan tangan yang benar-benar berpotensi untuk memberikan penghasilan. Apa sajakah kerajinan tersebut?


kerajinan tangan



Kerajinan bahan bekas



Barang bekas yang ada di rumah Anda sebaiknya jangan buru-buru dibuang. Anda bisa mengubah bahan bekas tersebut menjadi kerajinan yang berharga dan memiliki nilai ekonomis. Contoh barang bekas yang bisa diubah menjadi kerajinan tangan berpotensi adalah bungkus plastik, botol plastik, kardus dan sebagainya. Barang-barang tersebut bisa diubah menjadi kerajinan tangan ataupun hiasan cantik. Selain bisa dijual aneka kerajinan dari bahan bekas tersebut bisa juga dijadikan sebagai hiasan sendiri.



Kerajinan kain perca



Jika Anda memiliki kain perca sisa jahitan baju, jangan pernah diabaikan. Ubah saja menjadi aneka kerajinan yang menarik seperti boneka, gantungan kunci bahkan karpet. Kerajinan kain perca ini tidak hanya tren di dalam negeri saja. Tapi juga menjadi tren hingga ke luar negeri. Hal ini tentu saja memunculkan peluang bisnis yang menarik bukan? Ada beberapa tips untuk membuat kerajinan kain perca ini. Diantaranya:





  • Pilih kain perca yang terbuat dari bahan katun atau sejenisnya. Karena akan lebih mudah dibentuk menjadi bentuk yang sesuai keinginan.

  • Carilah kain perca yang warnanya senada agar lebih cantik ketika digabungkan.

  • Supaya kerajinan lebih menarik, tambahkan beberapa bahan atau aksesoris lainnya.



Kerajinan unik



Para konsumen selalu saja menuntut sebuah kerajinan yang unik dan lain daripada umumnya. Kerajinan unik tidak hanya terbuat dari bahan bekas saja. Namun bisa juga terbuat dari bahan lain seperti tumbuhan, rotan dan sebagainya. Karena termasuk jenis kerajinan tangan yang unik, tentunya Anda dituntut untuk membuat desain yang unik juga. Jika Anda masih belum paham seputar kerajinan tangan unik ini, tak ada salahnya untuk mencari referensi dari internet atau mungkin dengan melihat bahan di sekitar lingkungan yang dirasa memang cocok untuk dijadikan peluang.



Sebuah kerajinan tangan tentu tak akan memberikan hasil memuaskan jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara memasarkannya dengan tepat. Cara memasarkan kerajinan tangan yang tepat adalah seperti berikut:





  • Mengikuti pameran kerajinan tangan yang biasa diselenggarakan. Pameran kerajinan tangan dari yang skala daerah hingga nasional tak ada salahnya untuk didatangi.

  • Menawarkan kerajinan tangan dengan cara online juga menjadi solusi yang bagus. Apalagi sekarang ini pemasaran secara online lebih diminati dibandingkan pemasaran offline.

  • Berikan kemasan menarik untuk kerajinan tangan yang Anda tawarkan. Karena kebanyakan konsumen akan melihat kerajinan tangan Anda dari kemasannya terlebih dahulu.

  • Untuk perkenalan dan melariskan produk, tak ada salahnya memberikan harga murah dan tentunya terjangkau untuk target konsumen pasar Anda.



Produk teknologi pintar dari Lenovo



Itulah beberapa contoh jenis kerajinan tangan yang berpotensi mendatangkan keuntungan. Untuk memulai beberapa kerajinan tangan diatas Anda juga tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Selain itu pertimbangkan tips pemasaran diatas supaya produk kerajinan yang Anda tawarkan cepat laris dan terjual. Jika cepat terjual secara otomatis juga bisa mendatangkan untung yang banyak untuk Anda bukan? Demikian tips ini, semoga Anda bisa segera mencoba bisnis kerajinan tangan yang menjanjikan dan minim modal ini.


0 comments:

Post a Comment