Monday, 5 September 2016

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Diet Sehat

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet, akan tetapi apabila diet dilakukan dengan tidak tepat bisa membawa dampak negatif yang tidak diinginkan. Maka dari itu, diet harus dilakukan dengan cerdas dan sehat agar bisa didapatkan hasil yang optimal. Cermati bagaimana melakukan diet secara tepat dengan tips—tips diet sehat berikut ini.



diet sehat



Tips untuk Melakukan Diet Sehat


Ketika akan merencanakan program diet, salah satu kunci utamanya adalah melakukan diet secara sehat. Hal ini dikarenakan penanganan diet yang kurang tepat dapat memperlambat metabolisme tubuh yang dapat mengakibatkan penumpukan lemak yang lebih besar, bahkan dapat menyebabkan penyakit. Berikut ini adalah tips—tips yang dapat membantu menurunkan berat badan secara optimal dengan cara diet sehat.





  1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh


Pada umumnya, diet dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan mengurangi asupan karbohidrat. Akan tetapi, lemak dan karbohidrat ini diperlukan untuk pembakaran lemak yang tertimbun dalam tubuh. Jadi, konsumsi karbohidrat dan lemak dapat dilakukan dengan cermat, pilihlah jenis lemak yang baik dan juga makanan yang memiliki Glikemik Indeks rendah. Disarankan agar tetap mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan memenuhi variasi 4 sehat 5 sempurna dalam program diet.





  1. Jangan Lupakan Sarapan


Sarapan pagi merupakan asupan paling penting karena makanan yang dikonsumsi di pagi hari ini lah yang akan menjadi sumber tenaga untuk beraktifitas. Selain itu, dengan tidak melewatkan sarapan pagi dapat meminimalisir potensi dari kecenderungan untuk mengemil sembarangan. Solusi untuk menjalankan diet tanpa meninggalkan sarapan adalah dengan mengatur jadwal dan menu sarapan. Disarankan agar sarapan dilakukan pada pukul 07.00 setiap harinya, dan juga hindari konsumsi makanan berlemak tinggi pada saat sarapan.





Artikel lainnya : Tips memilih makanan diet dengan cermat






  1. Membatasi Porsi Makanan


Membatasi porsi makanan merupakan prinsip utama daripada diet secara umum. Namun, hal ini tidak menjadikan kebiasaan tidak makan sama sekali atau memaksa tubuh dalam kondisi lapar berkepanjangan sebagai hal yang baik untuk dilakukan. Diet yang sehat dan baik untuk dilakukan adalah dengan membatasi porsi makanan dengan menghindari konsumsi makanan berkalori tinggi. Apabila mengemil sudah menjadi kebiasaan sebelumnya, perbanyaklah jadwal makan tetapi dengan porsi makan yang kecil dan rendah lemak serta mengandung protein tinggi.





  1. Olahraga Rutin


Selain pengaturan makanan yang tepat, diet yang sehat sebaiknya diiringi dengan olahraga rutin. Olahraga yang dilakukan bisa dalam bentuk bersepeda, jogging, ataupun bahkan jalan kaki lebih sering. Lakukan olahraga rutin paling tidak 3-4 kali dalam seminggu.





  1. Perbanyak Konsumsi Air Mineral


Konsumsi air mineral dalam porsi yang banyak dapat membantu program diet dengan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu, banyaknya meminum air mineral sendiri dapat membantu membuat tubuh menjadi merasa kenyang lebih lama. Konsumsi air mineral yang disarankan adalah paling sedikit 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.





  1. Tetap Makan Malam


Banyak yang mempercayai bahwa makan malam dapat meningkatkan resiko kegemukan. Makan malam yang bisa menjadi penyebab kegemukan adalah dengan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat berlebih pada malam hari. Sedangkan, pada saat tidur tubuh membutuhkan protein agar pertumbuhan dapat termaksimalkan. Maka, diet dapat tetap dilakukan dengan makan malam, hanya saja pilihan menu makan malam sendiri yang harus dipilih dengan sehat dan cermat.


Demikian tips—tips bermanfaat mengenai diet sehat yang dapat dijadikan panduan dalam merencanakan program diet. Hal terpenting yang harus diingat adalah dengan tubuh yang sehat, menurunkan berat badan dapat dicapai dengan hasil yang lebih optimal.


1 comment: