Tuesday, 13 September 2016

Tips Olahraga Renang Lebih Mudah untuk Pemula

Olahraga memang termasuk kegiatan yang cukup berat, namun ada kalanya sangat menyenangkan untuk dilakukan, apalagi beberapa pilihan olahraga mandiri berdasarkan dengan hobby Anda. Tak hanya kesehatan tubuh saja yang didapatkan melainkan ada tambahan bonus tubuh menjadi lebih ideal dengan rutin melakukan aktifitas tersebut. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya ada motif tertentu untuk orang-orang yang melakukan olahraga. Entah hanya sebagai bentuk kesenangan atau untuk dapatkan tubuh yang kian ideal. Sebenarnya ada banyak jenis olahraga yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Namun bagi yang lebih mengutamakan manfaat tak ada salahnya mencoba renang. Patut untuk Anda ketahui juga mengenai tips olahraga yang satu ini agar manfaatnya optimal.


tips olahraga


Beberapa orang mungkin menganggap olahraga yang dilakukan di air ini mengerikan, karena bisa jadi terjadi kecelakaan yang menyebabkan nyawa mereka melayang. Namun juga harus diketahui apa saja bonus yang bisa didapatkan dengan rutin berenang. Olahraga yang tak harus mengeluarkan keringat karena memang ada di dalam air, bagus untuk kesehatan sistem cardio tubuh hingga mereka yang ingin mengoptimalkan pertumbuhan, semuanya bisa didapatkan hanya dengan melakukan renang.


Namun bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya berhati-hati karena kecelakaan kecil memang sangat berbahaya, apalagi renang ini dilakukan dalam air. Berikut ini setidaknya ada beberapa tips olahraga renang yang bisa Anda lakukan dalam memulainya, diantaranya adalah:




  1. Mulailah dengan niat, niat yang kuat akan mempermudah keberhasilan Anda dalam melakukan renang. Jangan ragu meskipun tak bisa sama sekali, namun semuanya dapat dicoba dari bawah asalkan ada niat.

  2. Rasa malu harus Anda tinggalkan, pada dasarnya memang tak semua orang memiliki kolam renang sendiri di rumah, sehingga harus datang ke kolam renang atau tempat les renang khusus, entah itu karena alasan pakaian atau yang lainnya sebaiknya Anda tak malu karena hal ini akan semakin mempersulit Anda dalam mencoba.

  3. Siapkan semua kebutuhannya secara lengkap, bagi yang masih awam mungkin akan memiliki keterbatasan pada jarak pandang dan juga kebutuhan untuk menghirup udara, beberapa barang penting seperti kacamata renang wajib untuk Anda bawa . ini kan membantu Anda bertahan lebih lama berada didalam air.

  4. Mulailah dengan latihan pernapasan, nantinya akan ada instruktur khusus bila Anda mengikuti les renang yang dapat digunakan sebagai pemandu agar bisa lebih mudah belajar pernapasan. Tentunya dalam keadaan didalam air akan sangat sulit bagi Anda jika ingin mengambil pasokan udara. Inilah yang menjadi kendala bagi para perenang pemula.

  5. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum terjun ke air. Tak hanya olahraga air, sebenarnya olahraga yang ada di darat juga memiliki resiko cidera yang sangat tinggi karena keram, otot belum dilenturkan terlebih dahulu dengan melakukan pemanasan.

  6. Belajar gaya bebas, latihan paling dini yang bisa dilakukan adalah renang gaya bebas, entah seperti apa caranya namun Anda harus bisa mengambang di dalam air sehingga mudah dalam berenang.

  7. Teratur, jangan hanya lakukan sekali, namun cobalah berkali-kali agar lebih mahir dalam olahraga yang satu ini.



Artikel lainnya : Tips menurunkan berat badan dengan diet sehat



Bagaimana apakah Anda tertarik untuk belajar, pada awalnya memang sulit, namun jika sudah menjadi kebiasaan maka akan terasa sangat menyenangkan. Tips olahraga renang tersebut dapat dijadikan sebagai panduan awal bagi Anda untuk mencobanya. Ingat banyak bonus yang didapatkan dari olahraga dalam air ini.


1 comment: