Tuesday, 27 September 2016

Tips Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil

Ketika menjalani masa kehamilan, seorang ibu hamil memang dianjurkan rutin melakukan berbagai macam aktivitas maupun olahraga ringan. hal ini disebabkan untuk menjaga kebugaran tubuh ibu, selain itu olahraga dimaksudkan agar janin yang berada di kandungan akan lebih terjaga dan sehat. namun, meskipun demikian bukan berarti berbagai macam kegiatan serta olahraga sah-sah saja dilakukan. Sebagai seorang ibu hamil, Anda harus bisa memilih olahraga yang tepat untuk calon bayi. Rutin melakukan olahraga ketika hamil juga dapat meminimalisir keluhan ketika hamil dan dapat mempermudah proses persalinan. Ada beberapa tips olahraga untuk ibu hamil yang dapat Anda ikuti.

wanita hamil


Pertama, yoga. Latihan seperti yoga ini sangat aman dilakukan oleh ibu hamil disebabkan latihan ini termasuk dalam latihan pernafasan. Gerakan prenatal yoga sengaja dirancang khusus untuk melatih otot panggul dan otot rahim yang bisa membantu menunjang perkembangan janin dan mempersiapkan tubuh melalui proses persalinan. Selain itu gerakan prenatal ini juga akan melancarkan pencernaan serta sistem sirkulasi tubuh. melalui olahraga yoga, rasa nyeri yang sering dirasakan saat hamil akan berkurang dan dapat meningkatkan mood ibu hamil yang terkadang moodnya tidak stabil.


Tips olahraga kedua adalah pilates. Selain yoga, para ibu hamil juga bisa melakukan pilates yang dapat memperkuat otot yang memiliki peran penting ketika proses melahirkan yakni di panggul dan perut. Gerakan pilates menekankan fleksibilitas, keseimbangan dan yang lainnya sehingga akan mengurangi rasa sakit di otot perut, punggung dan dapat melancarkan proses persalinan. Berikut hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan olahraga pilates, antara lain:




  • Bagi Anda yang sedang menginjak trimester kedua, sebaiknya Anda menghindari gerakan terlentang dan bertumpu pada punggung,

  • Cari instruktur yang benar-benar menguasai gerakan ibu hamil dan memiliki pengalaman,

  • Pilih matras yang tidak licin,

  • Pergunakan alat bantu seperti bantal kecil dan gulungan halus sebagai pengganjal bagian bawah lutut agar dapat mengurangi ketegangan.


Ketiga, aerobik. Latihan ini biasanya memerlukan gerakan yang aktif. Anda tidak perlu khawatir karena latihan aerobik yang khusus untuk ibu hamil memiliki gerakan yang tidak banyak. gerakan yang dilakukan tidak banyak aktivitas seperti lompat sehingga gerakan bisa dilakukan dengan sangat nyaman. Dengan melakukan gerakan ini, Anda akan terjaga kebugarannya dan dapat meningkatkan otot serta meredakan sakit dibagian punggung.







Keempat, berenang. Olahraga yang baik dilakukan ibu hamil yang berikutnya ialah berenang. Banyak para ibu hamil yang lebih suka melakukan olahraga ini karena tubuh akan menjadi lebih ringan. berenang dapat dilakukan saat kandungan berada di trimester 1 sampai 3. Namun, saat kandungan Anda menginjak usia 7 bulan ke atas, Anda harus berhati-hati karena keseimbangan akan semakin berkurang. Berenang akan membantu Anda untuk melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi jantung, dan mengurangi pembengkakan ketika hamil.


Tips olahraga untuk ibu hamil yang terakhir ialah jalan kaki. Jalan kaki saat sore hari dapat menjadi aktivitas yang sederhana akan tetapi bisa memberikan manfaat yang sangat besar. Jika Anda rajin melakukan olahraga ringan ini, jantung janin bisa lebih sehat, memperlancar peredaran darah dan bisa membantu penurunan kepala bayi sehingga nantinya proses persalinan akan menjadi lebih mudah. olahraga yang paling aman dilakukan selama 30 menit dalam seminggu. Anda tidak perlu memforsir diri dengan melakukan olahraga yang berat, sesuaikan olahraga yang akan Anda lakukan dengan usia kehamilan Anda.


1 comment: