Tuesday, 18 October 2016

5 Tips Kesehatan Sederhana Memiliki Jantung Sehat Berikut untukMencegahnya

Adanya tips kesehatan yang membahas semua aspek kesehatan tubuh dan lingkungan tentunya sangat terasa manfaatnya. Sebagai manusia biasa Kita tentu memiliki keterbatasan untuk mengetahui bagaimana menjadikan tubuh sehat. Terlebih Kita di dera oleh banyaknya pengaruh mengkhawatirkan dari iklan produk, lingkungan pertemanan, dan lain sebagainya. Menjadikan tubuh sehat ternyata sangat sulit sehingga semakin besar presentase orang yang terkena penyakit mematikan dan tidak menular.

 jantung sehat


Kiat Sederhana Memiliki Jantung Sehat



Salah satu penyakit pembunuh yang tanpa diketahui sudah menjangkiti tubuh adalah penyakit jantung, yang berkaitan erat dengan stroke, serangan jantung, hipertensi, dan sebagainya. Jantung yang merupakan organ paling vital di dalam tubuh ternyata mudah sekali mengalami masalah. Terutama bagi mereka yang terbiasa merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Memiliki jantung yang sehat sebaiknya disadari sejak dini lalu kemudian diaplikasikan sehingga manfaatnya terasa sampai usia senja.


Ketakutan menjadi penderita penyakit jantung yang membuat hidup selalu was-was dan terbatas dalam menikmati jenis makanan. Dirasakan oleh hampir semua orang, sebagai upaya preventif berikut beberapa kita sederhana untuk memiliki jantung yang sehat:




  1. Terbiasa berjemur,

Membiasakan diri berjemur di pagi hari menikmati kehangatan sinar matahari yang baru terbit merupakan kebiasaan menyehatkan jantung. Sebuah penelitian dilakukan di Universitas California, dengan berjemur maka tubuh menyerap banyak Vitamin D. Vitamin ini membantu mencegah pertumbuhan plak yang menyumbat pembuluh darah.




  1. Konsumsi dark chocolate,

Banyak orang yang menghindari mengkonsumsi coklat karena dianggap sebagai makanan manis yang berbahaya. Padahal kandungan flavonoid dan magnesium pada coklat sangat baik untuk kesehatan jantung karena efektif menurunkan kadar kolesterol. Point pentingnya adalah menakar porsi coklat per hari yang dikonsumsi kemudian lebih memilih dark chocolate. Alhasil tips kesehatan akan terasa manis dan sedap dengan mengkonsumsi coklat murni yang manis dan pekat ini.




  1. Melakukan olahraga,

Jantung dapat dikatakan sebagai otot sehingga supaya kuat dan sehat perlu dilatih dengan melakukan olahraga. Beberapa jenis olahraga efektif meningkatkan sistem kerja jantung sehingga sangat baik dilakukan secara teratur. Minimal satu atau dua kali dalam seminggu, tidak perlu ke tempat fitness dan membayar mahal. Cukup nikmati lari pagi sekitar 30 menit berkeliling kompleks, atau jalan santai saat berangkat kerja. Maka jantung pun akan mendapatkan manfaat dari olahraga sederhana tersebut dan hasilnya akan nampak apabila sudah menjadi kebiasaan.




  1. Konsumsi makanan sehat,

Makanan menjadi bagian penting untuk mendapatkan jantung yang sehat dan sebaiknya terbiasa memilih makanan yang sehat. Makanan yang bersih dan diolah sendiri supaya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi garam, gula, maupun MSG. Batasi makanan berlemak tinggi dan bahan makanan dengan kandungan kolesterol tinggi. Pertimbangkan menambah porsi menyantap buah dan juga sayuran bisa dijadikan pula sebagai kudapan menjelang jam makan. Terbiasa makan sehat dan bersih akan memperbaiki tubuh dari dalam.




  1. Hindari memendam amarah,

Semua orang memiliki emosi dan harus bijak untuk mengontrolnya supaya tidak keluar berlebihan dan membuat orang sekitar kurang nyaman. Emosi yang dipendam pun tidak bagus bagi kesehatan jantung, sebaiknya diungkapkan dengan cara yang benar. Misalnya merasa kurang suka dengan perilaku teman kerja sebaiknya diungkapkan dan dibicarakan jalan keluarnya. Jadilah pribadi yang bijak sehingga lebih mudah menyiasati keadaan supaya tidak memburuk sehingga lebih bahagia. Bahagia inilah yang menjadi kunci tips kesehatan terbaik untuk jantung sehat.

0 comments:

Post a Comment