Tuesday, 18 October 2016

Harga Kamera Digital Anda Bisa Tinggi Hanya dengan Merawat Baterai

Jika Anda ingin menjual kamera digital, pastikan harga kamera digital Anda sesuai di pasaran. Jangan pernah tertipu kepada pihak pembeli yang membeli kamera Anda dengan harga yang rendah. Terlebih lagi jika tidak sesuai dengan standar. Anda bisa mengetahui harga kamera yang akan dijual melalui review di beberapa website dan review di beberapa majalah mengenai fotografi. Sebenarnya banyak hal yang mempengaruhi kamera Anda bisa menjadi nilai tinggi atau tidaknya. Salah satu yang mempengaruhi harga kamera menjadi tinggi yaitu bagus atau tidaknya baterai kamera yang ada di dalamnya. Walaupun memang semua hal mempengaruhi harga, tetapi baterai cukup menunjang hal tersebut. Sehingga Anda sebagai pengguna kamera, perlu pintar-pintar merawat baterai kamera.

kamera digital


Untuk merawat baterai kamera, cukup lakukan beberapa hal yang ada di bawah ini. Dan manfaatnya cukup terasa bila memang rutin dan konsekuen untuk melakukannya. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah:




  • Cas baterai ketika kamera telah dibeli

Ketika Anda telah membeli kamera. Dan baterai yang ada di kamera habis, maka usahakan untuk mengisi baterai hingga penuh. Mungkin banyak orang yang salah persepsi, bahwa baterai kamera baru harus diisi dengan penuh hingga berjam-jam dan bisa hingga satu harian penuh. Padahal mitos tersebut adalah salah, karena hanya diisi secara normalnya saja kamera sudah bisa digunakan. Tetapi usahakan setelah mengisi baterai kamera untuk yang kedua kalinya. Jangan diisi hingga 100%. Cukup diisi dengan 98% saja, karena baterai yang overload dapat memperpendek usia baterai.




  • Gunakan baterai cas yang sesuai

Apabila kamera Anda bermerek X, maka Anda juga harus mengecas kamera menggunakan chargeran yang bermerek X sesuai dengan bawaan dari pusatnya. Karena jika baterai diisi dengan charger yang berbeda, maka baterai akan dapat mudah rusak. Sehingga alangkah baiknya, apabila memang kamera telah habis baterainya. Cukup matikan saja, dan cas hingga menemukan pengisi baterai yang sesuai.




  • Jauhkan baterai dari suhu yang ekstrim

Biasanya ketika seseorang sedang bepergian di suatu tempat, dan menggunakan kamera untuk berfoto ria. Maka kamera bisa menjadi panas atau kedinginan akibat suhu lingkungan sekitar. Ini juga berpengaruh kepada baterai, apabila kamera menjadi seperti itu. Sudah dapat dipastikan bahwa baterai kamera juga akan bersuhu sama. Sebaiknya hindari pemakaian kamera pada suhu yang tinggi ataupun sangat rendah. Terlalu panas dan terlalu dingin sungguh tak baik untuk baterai kamera.




  • Lepas baterai dari kamera apabila tak digunakan

Jika dalam jangka waktu panjang kamera tidak digunakan, karena Anda tidak ada aktivitas untuk memotret sesuatu. Alangkah baiknya untuk melepas baterai kamera terlebih dahulu. Sebab baterai yang lama tak digunakan dan berada di dalam kamera. Membuat kamera menjadi rusak dan tak bisa digunakan. Untuk itu perlu sekali melepas baterai kamera. Karena harga kamera digital bisa menjadi meningkat jika dijual, apabila sistem kamera dapat berjalan baik.




  • Lepas adaptor dari sumber listrik setelah digunakan

Ketika Anda mengecas baterai kamera, jika baterai sudah diisi dengan penuh. Sebaiknya Anda melepas stop kontak charger baterai, karena dapat membuat chargeran menjadi rusak dan tak berfungsi. Jika Anda ingin baterai kamera dan chargeran menjadi awet dan tahan lama, sebaiknya selalu dihentikan arus listrik yang masih menempel di pengisi baterai. Baterai kamera yang bagus, akan mempengaruhi harga kamera digital yang akan Anda jual kembali.

0 comments:

Post a Comment