Tuesday, 25 October 2016

Menerapkan Gaya Hidup Sederhana

Hidup sederhana seringkali diartikan hidup miskin dan berkekurangan. Padahal miskin dan sederhana adalah dua kata dengan arti yang berbeda. Gaya hidup sendiri dapat diartikan sebagai pola hidup atau kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan dalam hidup. Sederhana adalah berkelakuan wajar, tidak berlebih-lebihan sesuai dengan kemampuan. Dapat pula berarti tidak bermewah-mewah.

gaya hidup

Miskin adalah suatu kondisi yang serba kekurangan sehingga terjadi ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia pada umumnya. Jadi jelas di sini bahwa sederhana adalah cara hidup sedangkan miskin adalah suatu kondisi yang tercipta. Hidup sederhana bukan berarti hidup miskin, kikir atau pelit. Hidup sederhana adalah hidup yang tidak berlebihan dalam pemenuhan kebutuhan. Sederhana sendiri berbeda-beda ukurannya sesuai dengan kebutuhan orang yang berbeda satu sama lain. Apa yang dirasakan sederhana bagi seseorang mungkin adalah hal mewah bagi orang lain. Sebaliknya, apa yang dirasa boros bagi seseorang, mungkin merupakan kebutuhan pokok bagi orang tersebut.


Misalnya seseorang dengan pekerjaan yang memerlukan mobilitas tinggi ke luar kota bahkan luar negeri. Maka mobil atau pesawat terbang adalah kebutuhan pokoknya, sedangkan bagi orang yang bekerja di rumah, mobil dan pesawat bisa termasuk pemborosan atau kemewahan karena dia tidak terlalu membutuhkannya.


Manfaat yang dapat diperoleh jika kita menerapkan gaya hidup sederhana antara lain:




  • Meminimalisir masalah keuangan

Dengan bergaya hidup sederhana kita akan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, sehingga kita akan lebih berhati-hati dalam membeli barang. Hal itu akan menghindarkan kita dari masalah finansial akibat seringnya berbelanja melebihi kemampuan.




  • Memiliki tabungan untuk masa depan

Dengan mengurangi membeli barang-barang yang Anda inginkan namun sebetulnya tidak Anda butuhkan, akan memberi Anda sisa dana yang bisa Anda gunakan untuk tabungan masa depan bahkan modal usaha atau dana pensiun Anda.




  • Hidup lebih sehat

Selain karena terhindar dari stress akibat masalah keuangan, hidup sederhana juga akan mendorong Anda untuk mengontrol pola makan Anda. Anda akan lebih sering makan di rumah sehingga terhindar dari junk food.




  • Membentuk karakter yang bertanggung jawab

Dengan keberhasilan Anda dalam menahan keinginan, Anda akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan dapat diandalkan.


Begitu banyak manfaat dari hidup sederhana, mengapa harus hidup bermewah-mewah? Berikut ini cara untuk memulai menerapkan hidup sederhana di kehidupan:




  • Buat daftar prioritas

Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Catat daftar tagihan atau cicilan yang sudah menjadi kewajiban Anda tiap bulan.




  • Buatlah agar pengeluaran lebih kecil dari penghasilan

Jika tetap terjadi pengeluaran yang lebih besar, sederhanakan kembali daftar kebutuhan Anda. Dengan begitu akan ada uang sisa untuk tabungan.




  • Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan berarti meminimalisir biaya untuk pengobatan. Berhenti merokok dan jangan mengkonsumsi minuman keras, kurangi makan makanan di luar rumah, olah raga teratur dan istirahat yang cukup dapat Anda mulai lakukan.




  • Buat daftar belanja bulanan

Buatlah daftar belanja kebutuhan Anda dan keluarga dan usahakan berbelanja sebulan sekali. Bawa daftar belanja Anda dan fokuskan untuk membeli hanya yang Anda tulis dalam daftar. Buatlah budget uang belanja Anda.




  • Sesekali boleh membeli barang keinginan

Sebagai reward, Anda sesekali boleh membeli barang yang Anda idam-idamkan, namun harus sesuai kewajaran dan kebutuhan. Pastikan barang tersebut berguna dan bukan hanya untuk pamer atau bergaya.


Gaya hidup sederhana adalah salah satu cara mendapatkan kebahagiaan. Mengapa tidak kita mulai dari sekarang?


0 comments:

Post a Comment