Tuesday, 4 October 2016

Resep Masakan Gudeg Jogjakarta

Masakan khas daerah saat ini memang masih menjadi salah satu primadona karena memang masakan ini memiliki citarasa yang sangat khas sekali. Salah satu daerah yang memiliki banyak sekali makanan khas adalah Jogjakarta dimana ada beberapa masakan yang sangat unik sekali. Salah satu masakan yang bisa kita lihat resep masakan tersebut adalah gudeg. Makanan yang sangat popular ini memang salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan pada saat sedang ke Jogja.


gudeg yogyakarta


Ada beberapa bahan yang pastinya akan dibutuhkan dalam memasak gudeg ini. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bahan yang digunakan untuk memasak masakan ini memang sangat beragam sekali. Berikut ini adalah beberapa bahan yang harus disediakan antara lain:




  1. Gula aren, ini merupakan bahan yang akan digunakan untuk membuat sayur nangka.

  2. Telur, ini menjadi salah satu bahan yang nantinya akan manis juga rasanya.

  3. Daun salam, akan memberikan wangi tersendiri bagi bahan makanan yang akan kita masak.

  4. Lengkuas, menjadi rempah yang enak dan akan membuat kita menjadi lebih mudah dalam memasak ini.

  5. Santan, ini menjadi salah satu masakan yang enak dan akan membuat kita jadi lebih mudah dalam memasak masakan ini dan rasanya akan jadi lebih unik.

  6. Air kelapa, menjadi air yang cocok sekali dibandingkan menggunakan air putih biasa.

  7. Nangka, ini menjadi salah satu hal yang penting dan memang dengan daging buah ini akan membuat gudeg menjadi lebih enak pastinya. Ini juga menjadi bahan utama yang ada pada gudeg ini.


Ketika sudah mendapatkan beberapa bahan yang penting ini maka kita bisa mencari apakah ini merupakan cara memasak yang sesuai. Berikut ini cara memasak dari resep masakan yang sudah ada ini antara lain:




  1. Rebus nangka sampai kira-kira sudah empuk maka nangka ini akan siap untuk diberikan bumbu.

  2. Kedua, kita bisa meniriskan nangka ini lalu kita bisa memasukan juga gula aren lalu diaduk kembali nangkanya sehingga akan jadi lebih mudah dan rasanya akan jadi lebih pas.

  3. Ketiga, berikan bumbu halus yang sudah disediakan maka ini akan menjadi salah satu hal yang penting juga.

  4. Keempat, tambahkan air kelapa lalu bisa kita merebus kembali sampai kira-kira air kelapa ini akan meresap dengan segala bumbu dan juga dengan gula aren yang ada tadi pastinya.

  5. Masak dan rebus sampai dengan kurang lebih 3 jam ini merupakan waktu ideal dalam memasak masakan ini.


Masakan dengan rasa yang khas ini memang menjadi salah satu yang paling favorit dan banyak dipesan dan di cari orang pada saat akan membeli masakan ini. Jangan khawatir karena memang dengan masakan ini juga akan membuat kita jadi lebih mudah. Untuk memasak maka kita bisa menambahkan juga beberapa bumbu masakan yang lainnya sehingga akan membuat kita jadi lebih mudah dalam memasak ini.


Makanan pendamping gudeg ini memang menjadi salah satu hal yang paling mudah dan rasa dari makanan ini harus kita ketahui. Jangan sampai kotor dalam memasak karena ada santan yang memang harus perlahan dalam menggunakannya.





Untuk mendapatkan resep masakan yang sesuai maka kita bisa melihat dari gaya kata yang digunakan juga. Selain itu juga kelengkapan dari bahan yang digunakan harus sangat diperhatikan dalam mencari resep ini.

1 comment: