Monday, 31 October 2016

Tips Blogging Dasar Bagi Para Pemula

Saat ini sudah tidak asing lagi blog atau website yang dapat dipergunakan untuk membagi informasi kepada orang lain dengan menggunakan internet. Tidak heran jika banyak yang memulai untuk melakukan blogging baik dengan website berbayar ataupun dengan menggunakan website gratis. Untuk melakukan blogging tidak mudah atau tidak dapat dilakukan sembarang terutama bagi para pemula. Terdapat tips blogging yang mungkin dapat membantu Anda.


blogging


Pertama adalah tentukan dahulu tentang apa blog yang akan Anda buat. Misalnya, blog yang Anda tulis adalah blog untuk kejadian keseharian Anda, sehingga akan terlihat sebagai diary online. Atau, Anda dapat menuliskan mengenai hal-hal tertentu misalnya seputar musik atau video atau seputar tutorial tertentu. Jika Anda mengetahui jenis blog yang Anda miliki, maka akan mempermudah Anda untuk dapat menuliskan konten atau artikel di blog Anda.


Kedua adalah dalam penulisan artikel atau konten di blog tersebut, pastikan bukan merupakan artikel yang copy paste. Saat ini, Google kembali menegaskan jika blog atau website yang mengandung konten yang merupakan konten plagiat atau hanya copy paste, dipastikan jika blog atau website tersebut memiliki penilaian yang buruk, bahkan Google tidak akan ragu untuk menghilangkan web tersebut. Walaupun Anda menuliskan mengenai hal yang sama dengan konten dari website lainnya, pastikan jika konten yang Anda tulis di website atau blog Anda adalah hasil tulisan Anda sendiri, baik pemikiran murni atau menggabungkan dengan konten blog lainnya. Duplikat konten juga berlaku untuk gambar atau video yang dilampirkan dalam konten. Sehingga jika Anda mengambil gambar dari Google dan memasangnya ke blog Anda, pastikan Anda mencantumkan sumber gambar tersebut.


Tips blogging ketiga adalah tuliskan hal-hal yang sedang terjadi atau terkenal saat ini. Hal tersebut dikarenakan hampir sebagian besar orang akan mencari berita atau informasi terkait dengan hal yang sedang terjadi atau yang baru saja terjadi saat itu. Dengan menuliskan informasi yang sedang terjadi atau yang sedang diperbincangkan, tidak hanya dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke website atau ke blog Anda namun juga dapat meningkatkan penilaian atas website Anda.


Keempat adalah sesuaikan dengan target pengunjung. Jika blog Anda menargetkan pengguna internet yang masih remaja, Anda dapat menggunakan bahasa yang biasanya digunakan oleh para remaja misalnya dengan mengganti kata “Anda” dengan kata “Sista” atau “Girls”. Dengan cara tersebut, target pengunjung Anda akan lebih merasa nyaman dan enak ketika membaca konten yang tersaji dalam blog Anda.


Kelima adalah jangan menuliskan sesuatu yang tidak benar. Banyaknya hoax atau berita dan informasi yang tidak benar sering terjadi saat ini terlebih perkembangan dunia digital yang semakin maju. Tulis informasi atau berita yang benar-benar terjadi dari berbagai macam sumber. Jika konten yang Anda tulis adalah konten dengan berita palsu, maka akan membuat pengguna internet Anda enggan untuk mengunjungi ataupun membaca di blog Anda.


Tips blogging dasar lainnya yang harus diketahui oleh para blogger pemula yaitu:




  • Jangan lupa untuk menyematkan media. Konten akan terasa lebih menyenangkan untuk dibaca apabila dalam konten tersebut terdapat media, baik gambar ataupun video dan musik.

  • Konten haruslah memiliki point yang tepat dan sesuai dengan judulnya serta sebaiknya hindari menulis lebih dari 1000 kata karena biasanya, pengguna internet cenderung malas untuk membaca konten yang terlalu panjang.

  • Konsisten, tidak hanya dalam memposting konten di blog Anda namun juga informasi yang Anda sampaikan di blog Anda.

1 comment: