Tuesday, 11 October 2016

Tips Cara Memformat Aksesoris Komputer Flasdisk

Apakah Anda mengetahui cara untuk memformat flashdisk yang tepat dalam komputer? Kebutuhan akan penggunaan perangkat laptop dan komputer sekarang ini memang semakin meningkat, adanya flashdisk sebagai aksesoris komputer memang sangat dibutuhkan. Hampir semua orang mempunyai flashdisk, bahkan diantaranya ada yang mempunyai flashdisk ini lebih dari 3. Namun Anda juga harus melengkapi pengetahuan dengan mengetahui seperti apa cara untuk memformat flashdisk, agar flashdisk tidak mengalami gangguan.


aksesoris komputer


USB atau yang sering disebut dengan flashdisk, ini merupakan alat yang memiliki bentuk yang kecil dan berguna untuk melakukan penyimpanan data. Flashdisk memiliki sifat non volatile yang berarti semua data di flashdisk tidak akan hilang meskipun tidak memiliki daya listrik. jangan melihat bentuk flashdisk yang kecil, meskipun memiliki bentuk yang kecil namun ia mempunyai segudang manfaat, dengan kapasitas memori yang besar. Karena memiliki ukuran yang kecil, benda ini pun menjadi lebih praktis di bawa dibandingkan dengan alat penyimpanan yang lainnya. cara untuk menggunakan flashdisk begitu mudah, Anda hanya perlu memasukkan serta menancapkan flashdisk di CPU komputer atau laptop dan nantinya akan muncul sebagai removable tanpa perlu berbagai macam proses karena seluruh sistem operasi di komputer bisa menginstal dribble.


Walaupun mempunyai berbagai macam manfaat serta fungsi, akan tetapi aksesoris komputer yang satu ini tidak terlepas dari kerusakan dan gangguan terlebih pemilik yang tidak berhati-hati menggunakan flashdisk. Kerusakan flashdisk dapat terjadi disebabkan akrena 2 hal. Pertama ialah kerusakan secara fisik seperti rusak yang disebabkan karena patah, dan kerusakan kedua kerusakan karena software. Flashdisk juga sangat rentan disusupi virus, virus memang menjadi momok yang menyeramkan untuk pengguna komputer. Virus mempunyai kemampuan dalam mengubah dirinya sehingga dapat masuk secara cepat ke flashdisk yang dijalankan.


Virus bisa dengan mudah berkembang biak serta menyebar ke file-file atau ke folder bahkan tidak menutup kemungkinan bila virus bisa merusak sistem yang berada di dalam komputer. Bila mengalami masalah tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya ialah dengan melakukan format flashdisk. Sebelum melakukan format flashdisk, Anda harus memindahkan data yang ada di dalamnya, walaupun Anda tidak melakukan penghapusan data, namun pemindahan lebih baik dilakukan karena pemformatan dapat menghilangkan data di dalamnya.


Berikut cara melakukan format flashdisk dengan menggunakan Windows. Windows menyediakan fasilitas format USB ini, dan cara yang harus dilakukan pun juga sangat mudah. berikut langkah melakukan format menggunakan Windows, antara lain:




  • Pastikan antivirus yang berada di komputer Anda berada di dalam kondisi yang up to date,

  • Jangan membuka dialog yang muncul sesudah Anda memasukkan flashdisk,

  • Masukkan flashdisk ke komputer atau ke laptop Anda,

  • Buka Windows Explore,

  • Klik tombol kanan di drive tempat flashdisk tersebut,

  • Pilih format,

  • Muncul kolom yang harus di isi, isi sesuai dengan keinginan Anda. isi nama flashdisk di kolom volume label sesuai dengan keinginan,

  • Pilih Quick format, agar proses format lebih cepat, klik ok dan nantinya proses format akan berjalan.


Bila Anda sedang melakukan proses formatting pada aksesoris komputer ini, sebaiknya di komputer Anda hanya terpasang satu flashdisk, hal ini bertujuan agar nantinya proses format berjalan dengan cepat dan lancar. Apabila proses format berjalan dengan lancar, Anda dapat memasukkan kembali data Anda dengan catatan flashdisk Anda harus Anda rawat.


0 comments:

Post a Comment