Sunday, 28 May 2017

Tips Bijak Menjalankan Investasi Saham

Investasi saham rupanya sekarang ini sedang dilirik oleh banyak kalangan. Ini karena investasi dari sektor saham menjanjikan banyak keuntungan. Selain itu menjalankan investasi ini juga mudah dan cocok digunakan untuk jangka panjang. Jika Anda ingin berinvestasi lewat saham tentu saja ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Terutama dari sisi resiko yang mungkin saja terjadi pada diri Anda. Nah, untuk lebih jelas tentang investasi dari sektor saham mungkin ulasan berikut ini bisa membantu.

investasi saham

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah cepat atau tidak berkembangnya saham tidak hanya bergantung pada diri Anda. Tapi juga bergantung pada perusahaan atau broker yang Anda pilih. Jika broker yang Anda pilih bermasalah, maka secara otomatis investasi Anda tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika broker tersebut baik reputasinya, maka investasi yang dilakukan tentu saja akan sukses, lancar dan bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Rata-rata orang yang ingin investasi saham akan tergesa-gesa tanpa memikirkan segala bentuk resiko. Nah, agar hal ini tidak terjadi mungkin sebaiknya Anda tahu apa sajak kerugian dan keuntungan yang mungkin terjadi. Diantaranya:

  • Keuntungan berinvestasi lewat saham tentu saja Anda bisa berpeluang mendapatkan deviden.
  • Jika Anda pandai menjalankan jual beli saham, maka Anda juga bisa mendapatkan capital gain.
  • Tapi resiko dari berinvestasi lewat saham tentu saja tentang likuidasi. Apabila perusahaan saham terus berjaya, mungkin likuidasi akan berjalan normal. Namun jika bangkrut, tentu saja saham yang ditanamkan tidak akan bisa dicairkan.

Itulah untung rugi jika Anda menggunakan saham sebagai investasi untuk jangka panjan ataupun jangka pendek.

Supaya resiko tersebut tidak terjadi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan menjadi investor saham. Pertama Anda jangan terburu-buru tergiur dengan keuntungan yang dijanjikan. Lebih baik selektif dulu dalam memilih perusahaan yang menawarkan saham. Kebanyakan orang langsung berinvestasi dalam jumlah yang besar. Padahal ini hal yang salah karena hal tersebut terlalu beresiko. Lebih baik belilah saham dalam jumlah yang kecil dan jangan tergiur dengan saham yang harganya murah. Saham yang terlalu murah bisa menjadi indikasi keburukan dari perusahaan tersebut.


Selama berinvestasi di bidang saham, Anda harusnya juga bijak dalam melakukan trading. Beberapa tips supaya Anda bijak dalam menjalankan bisnis investasi bidang saham adalah seperti berikut:

  • Jangan langsung memberikan investasi dalam jumlah yang terlampau banyak. Lebih baik sedikit demi sedikit saja untuk menghindari resiko tidak diinginkan.
  • Jangan biarkan saja saham yang Anda tanam. Karena tidak selamanya saham bisa mengalami peningkatan tanpa dijalankan.
  • Tapi tidak disarankan bagi Anda untuk terlalu sering memainkan saham. Ini bisa membuat Anda dikenakan pajak. Lebih baik tentukan waktu yang tepat agar bisa mengelola saham dengan teratur.
  • Memperhatikan kondisi keuangan juga penting. Jangan sampai bergabungnya Anda bersama perusahaan saham justru merusak kondisi keuangan keluarga.

Itulah tips agar Anda bisa lebih bijak dalam melakukan transaksi saham selama berinvestasi.

Sebenarnya investasi saham ini lebih cocok untuk jangka panjang. Karena resiko menanam saham dalam jangka waktu panjang justru lebih kecil. Tapi jika masih pemula, menentukan jangka waktu yang pendek juga tidak masalah. Jika sudah mahir memainkan saham dalam jangka waktu pendek, mungkin saatnya Anda menambah jangka waktu yang lebih panjang. Demikian ulasan ini dan semoga bisa membuat Anda lebih cermat sebelum memutuskan investasi lewat saham.

0 comments:

Post a Comment